Jumat, 02 April 2010

CONTOH KKM PPKn SMA

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Batangtoru

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas : XII

Semester : 1

Kompetensi Dasar dan Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penetapan Ketuntasan

Nilai KKM

Komplek-

sitas

Daya Dukung

Intake

1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

1. 1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

· Mendeskripsikan makna ideologi negara

· Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

· Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara

· Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup

1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

· Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.

· Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

· Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

·Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

·Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan

2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)

· Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan

· Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara

· Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

· Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat

· Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.

· Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945

2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

· Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia

· membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

75

80

70

80

70

85

65

70

80

85

60

70

80

75

75

75

60

85

70

80

75

75

80

70

80

70

85

65

70

80

85

60

70

80

75

75

75

60

85

70

80

75

75

80

70

80

70

85

65

70

80

85

60

70

80

75

75

75

60

85

70

80

75

75

80

70

80

70

85

65

70

80

85

60

70

80

75

75

75

60

85

70

80

75

Jumlah

Rata-rata KKM

75

Mengetahui, Batangtoru , 2009

Kepala SMA Negeri 1 Batangtoru Guru Mata Pelajaran

Drs. MHD. ZUHDI PULUNGAN,SH DJIHAD SIREGAR

NIP. 197011301995121001 NIP. 95604141984031002

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Batangtoru

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas : XII

Semester : 2

Kompetensi Dasar dan Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penetapan Ketuntasan

Nilai KKM

Komplek-

sitas

Daya Dukung

Intake

3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi

3.1 Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

· Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis

· Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia

· Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis

3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

· Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik

· Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

· Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media

· Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers

3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

· Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia

· Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.

4. Mengevaluasi dampak globalisasi

4.1 Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

· Mengemukakan proses globalisasi

· Mendeskripsikan aspek globalisasi

4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia

· Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara

· Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia

4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

· Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

· Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.

· Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup

4.4 Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.

· Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

· Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi

· Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi

75

80

70

80

70

85

65

70

80

85

60

70

80

75

75

75

60

85

70

80

75

60

85

65

85

75

75

80

70

80

70

85

65

70

80

85

60

70

80

75

75

75

60

85

70

80

75

60

85

65

85

75

75

80

70

80

70

85

65

70

80

85

60

70

80

75

75

75

60

85

70

80

75

60

85

65

85

75

75

80

70

80

70

85

65

70

80

85

60

70

80

75

75

75

60

85

70

80

75

60

85

65

85

75

Jumlah

Rata-rata KKM

75

Mengetahui, Batangtoru , 2009

Kepala SMA Negeri 1 Batangtoru Guru Mata Pelajaran

Drs. MHD. ZUHDI PULUNGAN,SH DJIHAD SIREGAR

NIP. 197011301995121001 NIP. 95604141984031002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKTIVITAS

FOTO

Pengikut

Arsip Blog